Liputan Winter Trip & 17 Agustusan di Mt. Buller: Kibar Dwiwarna di Puncak Salju

Mt. Buller

Oleh: AM Sidqi

Jika ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda, maka lakukanlah hal diluar kebiasaan. Barangkali itu pula yang diharapkan oleh MIIS (Monash Indonesian Islamic Society) Australia pada peringatan HUT RI ke-69. Peringatan proklamasi kemerdekaan yang lazim dirayakan dengan upacara bendera dan aneka perlombaan di lapangan rumput hijau, 17 Agustus 2014 ini, MIIS menyelenggarakannya di gunung bersalju Mount Buller, Victoria, Australia.

Sebanyak 110 orang warga MIIS termasuk anak-anak turut memeriahkan upacara peringatan 17 Agustus di puncak gunung tertinggi di Victoria tersebut. Suasana khidmat, bangga, nan syukur menghangatkan suasana upacara bendera yang diikuti oleh ratusan orang warga MIIS. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Ketua MIIS, Edi Riyanto (kandidat PhD bidang Arts). Sementara Fahd Pahdepie (mahasiswa Master of International Relations) selaku komandan upacara, Ari Pahlawi J (kandidat PhD bidang musik) selaku dirigent, dan Adkhilni M. Sidqi (mahasiswa Master of International Relations) selaku pengibar bendera.

“Di puncak salju ini, kita merayakan peringatan kemerdekaan kita yang ke-69 tahun. Di sebuah tempat yang sangat jauh dari Tanah Air kita, tetapi kita tidak lupa. Kita mungkin tidak akan sampai di sini dengan semua pencapaian yang telah kita raih, jika kita belum merdeka,” ujar Edi Riyanto pada amanatnya sebagai pembina upacara. “Kemerdekaan membuat kita bisa melakukan banyak hal, di manapun, menjadi apapun, dan sejauh apapun kita mau. Rasa syukur menjadi bangsa merdeka itu kita wujudkan dengan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik mungkin dan sekuat mungkin kita bisa,” pungkas Edi menutup amanat pembina upacara.

Perasaan mengharu biru tidak terbendung saat para peserta upacara kompak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan di bawah kibaran Sang Merah Putih di tengah hamparan putih salju.

Suasana yang dingin terasa hangat ketika mengheningkan cipta dimulai. Semua kepala tertunduk dan memejamkan mata. Seketika hening. Hanya suara kibar dwiwarna yang terdengar dan lagu syahdu ciptaan T. Prawi yang memecah kebekuan salju.

Dengar seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja di ribaan bendera
Bela nusa bangsa

“Lihatlah! Betapa gagahnya Merah Putih kita berkibar. Warnanya yang sederhana menunjukan kedalaman makna: berani menentang penindasan dan suci perjuangan akan kebenaran,” teriak Fahd mengantarkan acara. Pekik merdeka bersahut-sahutan menutup upacara peringatan HUT RI ke-69 ala MIIS. Sementara Merah Putih terus berkibar di bawah langit biru di atas putih salju Mt. Buller, Victoria.***

Cerita yang sama bisa dibaca di tautan ini:
http://news.detik.com/read/2014/08/18/103327/2664868/1513/merah-putih-berkibar-di-gunung-salju-australia

Atau dapat pula dipirsa pada video di bawah ini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s